5 Cara Sederhana Membahagiakan Diri Sendiri

Bahagia adalah kata yang didambakan dalam setiap kehidupan manusia, tetapi terkadang kita sulit untuk mendapatkan kebahagiaan karena terlalu fokus dengan kekurangan kita dan kehidupan yang dimiliki orang lain.

Dikutip dari femina.co.id, demi mencari keping-keping kebahagiaannya, penulis buku Eat, Pray, Love (2006), Elizabeth Gilbert, perlu menjelajah Italia, India, dan Indonesia. Padahal, kalau kita sadari, ada banyak kebahagiaan di sekeliling kita.

Meski ada banyak kebahagiaan di sekeliling kita, terkadang kita tidak menyadari hal tersebut. Dengan kita menyadari kebahagiaan kecil, hidup akan terasa lebih mudah dan berarti. Lantas apa saja hal yang bisa membuat kita bahagia? 

Yuk, simak beberapa tips berikut ini yang dapat membantumu menemukan arti bahagia yang sederhana:

  1. Memberikan Apresiasi terhadap Diri Sendiri
https://unsplash.com/Sumber Gambar: Unsplash

Mengapresiasi diri adalah ungkapan rasa syukur kita kepada Sang Pencipta. Ini pula yang membantu kita supaya lebih memahami dan mencintai diri sendiri, sehingga kita tidak perlu menunggu pencapaian yang besar untuk mengapresiasi diri. 

  1. Menyisihkan Waktu untuk Quality Time dengan Orang Terdekat
Sumber Gambar: ASSOCIATED PRESS

Di tengah padatnya rutinitas kita, memiliki waktu dengan orang terdekat menjadi hal yang sangat berharga. Bertukar kabar dan bercerita dengan orang terdekat, mampu meringankan beban dan meredakan perasaan buruk yang sedang kita rasakan.  

 

  1. Menciptakan Suasana Baru
Sumber Gambar: GETTYIMAGES

Dikutip dari bbc.com, menurut penelitian psikolog Rena Repetti dan Darby Saxby dari University of California – Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa seseorang yang tinggal di rumah berantakan memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih tinggi. 

Menciptakan suasana baru seperti mendekor ulang tampilan kamar dan membersihkan sudut ruang, ternyata mampu meningkatkan rasa nyaman dan fresh.

 

  1. Olahraga 
Sumber Gambar: Unsplash

Tahukah kamu bahwa dengan berolahraga dapat menimbulkan rasa bahagia? Ini dikarenakan pada saat kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan menghindari berbagai penyakit yang dapat menyerang kita.

  1. Rehat Sejenak dari Media Sosial
Sumber Gambar: Unsplash

Penggunaan media sosial dalam keseharian kita tidak bisa dihindari. Banyaknya informasi yang kita serap termasuk hal negatif yang dihasilkan media sosial, terkadang membuat kita merasa lelah. Istirahat dari media sosial merupakan salah satu cara yang dianjurkan untuk membuang perasaan lelah tersebut.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan rasa bahagia kamu. Bahagia itu tercipta karena kita sendiri yang menciptakannya. Jadi, jangan merasa bahwa hidup kamu tidak menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Managing Editor : Maria Ayu Vania

Content Writer : Esti Tiara Dewanti

Visual Content Creator : Elisabeth Oktaviane

Sosial Media Manager : Resty Nadia Al’ula

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top