Hari Kesehatan Sedunia, Ayo Jadikan Dunia Lebih Sehat

Sumber gambar: Dokumentasi Cyber PR (PR Class 1-Team 3)

Setiap tanggal 7 April, dunia merayakan Hari Kesehatan Internasional yang bertepatan dengan berdirinya World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia yang terbentuk pada 7 April 1948. Nah, sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan, maka setiap tahunnya WHO mengampanyekan Hari Kesehatan Internasional dengan tema yang berbeda. Di tahun ini, tema yang diusung adalah “Building a fairer, healthier world”, atau dalam bahasa Indonesianya “Membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat”. Dengan mengusung tema ini, WHO menggarisbawahi bahwa setiap orang berhak untuk dapat hidup lebih sehat dan memiliki akses yang lebih baik ke layanan kesehatan. 

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia masih mengalami permasalahan kesehatan terutama kesehatan jiwa. Dengan jumlah penduduk 230 juta jiwa, angka kematian akibat bunuh diri di Indonesia mencapai 3.000 hingga 5.000 jiwa per tahunnya  (WHO, 2018). 

Bahkan menurut Basuki Rahmanto, Wakil Sekretaris Yayasan IMAJI, dalam rentang waktu satu tahun ini sudah tiga puluh lebih kejadian bunuh diri terjadi di wilayah Gunungkidul. Penyebab yang paling umum ditemukan adalah faktor depresi.

“Pada awal pandemi Covid-19 justru ada penurunan angka bunuh diri di Gunungkidul. Namun di awal tahun 2021 ini, dalam kurun waktu 3 bulan sudah ada 13 kejadian (bunuh diri),” ujar Basuki.

Angka bunuh diri di Gunungkidul yang cukup tinggi menunjukkan bahwa kesadaran mengenai kesehatan di masyarakat ternyata belum banyak disadari. Sehingga, upaya menyadari pentingnya masalah kesehatan mental pun juga sulit dilakukan.

Maka dari itu, IMAJI bersama Cyber PR President University 2019 berharap, Sahabat IMAJI dapat terbantu agar lebih peka terhadap kesehatan masing-masing. Apalagi kepekaan akan kesehatan ini juga dapat berimbas pada kesehatan mental sahabat. Sesuai dengan tema Hari Kesehatan Internasional “Building a fairer, healthier world“, mari bersama-sama membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Ayo peduli pentingnya kesehatan jiwa! 

Managing Editor : Maria Ayu Vania

Content Writer : Esti Tiara Dewanti

Visual Content Creator : Elisabeth Oktaviane

Sosial Media Manager : Resty Nadia Al’ula

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top